Jika Semangat Down

Hidup itu pasti saling melengkapi. Ada senang, ada sedih. Ada semangat, ada putus asa. Ada kaya, ada kecukupan. Kadang di atas, kadang di bawah.

Begitu juga dengan hari ini. Entahlah rasanya semangat mulai menurun. Galau. Tidak semangat melakukan sesuatu. Futur mulai melanda. Namun apa yang dilakukan? Yang aku lakukan malah apa yang ingin aku lakukan saja, entah itu butuh atau tidak.

Salah satu cara untuk tahu aku kenapa adalah dengan bertanya pada teman atau sahabat terdekat. Aku hanya meminta tips ketika sedang down. Terlihat dari rutinitas ku yang selama ini aku bangun mulai berkurang banyak. 

Saran dari sahabatku adalah, "Ketika kamu lagi down, mintalah motivasi." Karena dengan begitu kita tahu apa yang sudah terlewatkan dan apa yang akan kita lakukan. Jangan malah, meratapi semangat yang turun. Membiarkannya bersahabat dengan kita, tinggal dengan kita dan menguasai diri kita. Bangkittlah. Sejatinya motivasi terbesar adalah diri sendiri.

Selain itu, minta doa kepada orang tua kita. Minta selalu didoakan, walaupun tanpa dimintapun orang tua juga akan mendoakan kita. Tetaplah meminta, karena di dalam hadist memang dijelaskan untuk meminta doa kepada orang tua. Jika yang berada di perantauan, cobalah telfon Ibuk dan Bapak, minta di doakan juga atau jangan-jangan kita sudah lama tidak menelfon mereka? Mintalah doa kepada mereka, karena doa mereka akan diijabah oleh Allah. Apalagi doanya Ibu yang insyaallah akan dikabulkan. Wallahu'alam..

0 Komentar