Teruslah Berbuat Baik



Berbuat baik, tidak hanya dilakukan jika orang itu juga berbuat baik kepada kita. Tapi berbuat baiklah kepada setiap orang. Karena perbuatan baik tersebutlah yang akan menolong kita suatu saat nanti.

Jangan berharap bahwa ketika kit berbuat baik, maka suatu saat nanti orang itu juga akan berbuat baik kepada kita. Namun, kita harus ikhlas berbuat baik ataupun menolong orang. Ikhlas tanpa mengharapkan bahwa suatu saat nanti orang itu akan berbuat baik kepada kita. Biarkan Allah yang akan membalasnya, biarkan Allah yang akan mengaturnya. Bagaimanapun bentuknya pasti Allah akan membalas dengan sesuatu yang lebih baik, dengan hadiah yang lebih baik.


Jangan menuntut orang lain harus berbuat baik kepada kita dulu baru kita berbuat baik kepada orang lain. Hidup tidak seribet itu. Manusia, sebagai makhluk sosial memang membutuhkan bantuan orang lain. Tapi, tidak ada yang mengajarkan nyari untung dulu.


Ketika kita berbuat baik tanpa mengharapkan sesuatu apapun, suatu saat orang lain juga akan berbuat baik kepada kita tanpa syarat.


Salah satu perbuatan itu adalah menasihati teman. Aku menasehatimu karena aku menyayangimu karena Allah. Karena aku tidak ingin kamu terpuruk dengan kesedihan dan permasalahan semakin dalam. Cobalah berbagi cerita supaya beban terasa lebih ringan.


Boleh, jika kamu mengevaluasi permasalahan dan mensolusikannya sendiri, namun jangan lupa untuk konsultasi apakah cara kamu menyelesaikan masalah tadi sudah benar atau belum. Itulah hal penting yang perlu diingat.


0 Komentar